Biokimia
IPB Badge

Pada setiap ujung kabel VGA atau kabel Power komputer kita dapat menemukan gelembung kecil berbentuk pipa. Gelembung mirip tabung ini disebut Ferrite Bead. Ferrite  Bead merupakan komponen listrik yang pasif digunakan untuk menekan frekuensi tinggi noise yang dihasilkan oleh komponen sirkuit elektronik. Ferrite  Bead berfungsi sebagai choke dalam sirkuit elektronik tadi. Alat ini menggunakan mekanisme dispasi tingginya arus frekuensi tinggi  untuk membentuk peredam noise yang berfrekuensi tinggi. Cara kerjanya memang agak mirip dengan Induktor.  Dalam kehidupan sehari-hari, Ferrite Bead sering kali juga disebut sebagai Ferrite Block, Ferriet Core, Ferriet Ring dan sebagainya.

Sebagian besar peralatan elektronik menghasilkan interferensi (gangguan). Interferensi tersebut muncul pada saat listrik mengalir pada sebuah kabel. Interferensi yang dihasilkan dapat mengganggu kerja sebuah perangkat. Misalnya, pada saat kita meletakkan telepon genggam dekat dengan speaker akan muncul suara dengung pada suara yang dihasilkan oleh speaker.

Agar sebuah perangkat dapat bekerja sebagaimana mestinya, interferensi tersebut harus diminimalisir. Umumnya, casing (pelindung / wadah) sebuah perangkat sudah dapat melindungi perangkat tersebut dari gangguan yang ada. Namun, kabel tidak selalu terlindungi dari gangguan ini.

Untuk mengatasi hal tersebut, ferrite bead dipasang pada bagian ujung kabel yang dekat dengan perangkat. Ferrite bead akan bertindak sebagai penghambat bagi interferensi yang terjadi, baik interferensi elektromagnetik maupun interferensi frekuensi radio . Dengan demikian, semua gangguan pada kabel akan dihilangkan sebelum gangguan tersebut sampai pada sebuah perangkat.

Comments are closed.